Mendaki Gunung (1)

0
12

Apa itu Ketinggian Tinggi?

  • Ketinggian Tinggi adalah dari 8.000 hingga 13.000 kaki. Ini adalah ketinggian hiking yang umum di AS barat
  • Ketinggian Yang Sangat Tinggi adalah 13.000 hingga 18.000 kaki. Beberapa hiking, sebagian besar di Pegunungan Rocky yang tinggi.
  • Ketinggian Tinggi yang Sangat Ekstrem lebih dari 18.000 kaki. Diperlukan alat bantu pernapasan khusus.

Udara terdiri dari nitrogen, oksigen, dan argon dengan jejak benda lain di dalamnya. Nitrogen adalah sekitar 78%, oksigen adalah 21%, dan argon adalah 1% – persentase tersebut tetap konstan tidak peduli apa pun ketinggiannya.

Tekanan udara menjadi kurang saat Anda mendaki gunung, dan lebih sedikit tekanan udara berarti lebih sedikit oksigen untuk bernafas. Mendaki di ketinggian adalah saat Anda berjalan di ketinggian yang dapat memengaruhi tubuh Anda. Beberapa orang terpengaruh hingga 7000 kaki. Mari kita luangkan waktu sebentar untuk menjelaskan sedikit tentang tekanan udara dan oksigen yang tersedia.

Jika Anda meletakkan tangan dan berbalik, Anda telah membuat lingkaran dengan lebar sekitar 5 kaki. Bayangkan lingkaran itu menjadi kolom udara yang bergerak dari bawah ke atas, ke atas ke tepi atmosfer. Dari tempat Anda berdiri, ada ribuan dan ribuan kaki udara di atas Anda di kolom Anda. Semua nitrogen, oksigen, dan argon di atas Anda menekan udara di sekitar Anda. Ketinggian kolom udara menentukan tekanan udara di tempat Anda berada dan tekanan udara menentukan seberapa padatnya partikel gas yang dikemas bersama.

Semakin tinggi Anda memanjat, semakin sedikit udara yang ada di atas Anda di kolom, sehingga semakin rendah tekanan udara dan semakin padat gas. Setiap 1000 kaki Anda mendaki, Anda kehilangan sekitar 3% dari oksigen yang tersedia karena ada lebih sedikit gas yang dikemas ke dalam kolom udara Anda. Dengan ketinggian 12.000 kaki, setiap napas yang Anda ambil hanya membawa 2/3 jumlah oksigen yang akan Anda hisap di permukaan laut.

Hal penting lain yang perlu diingat adalah bahwa suhu udara turun sekitar 3,5 derajat untuk setiap 1000 kaki kenaikan ketinggian. 75 derajat hari yang bagus pada 5.000 kaki akan lebih seperti 60 derajat pada 10.000 kaki.

Mendaki di Ketinggian Tinggi

Saat Anda memperluas petualangan hiking Anda, Anda mungkin akan didorong untuk mendaki gunung yang lebih tinggi dan lebih tinggi. Pada titik tertentu, itu menjadi pendakian gunung, tetapi ada banyak puncak lebih dari 14.000 kaki yang memiliki jalan setapak hingga ke puncak. Colorado memiliki lebih dari 14.000 puncak yang dibuat orang untuk dirangkum.

Saat Anda naik lebih tinggi, Anda perlu memahami risiko dan masalah tambahan dengan ketinggian yang lebih tinggi. Anda akan merasa perlu bernafas lebih dalam dan lebih sering untuk menjaga cukup oksigen yang bersirkulasi ke otot-otot Anda. Setiap napas memiliki lebih sedikit oksigen, jadi Anda membutuhkan lebih banyak napas. Ada beberapa persiapan khusus untuk pendakian di ketinggian yang lebih tinggi:

  • Kecepatan lebih lambat – Jika Anda tidak mengharapkan kekurangan oksigen, Anda akan membutuhkan diri Anda sering berhenti untuk pulih. Tetapi, dengan memperlambat langkah Anda saat Anda mendapatkan peningkatan, Anda akan menjaga tubuh Anda bekerja tanpa terlalu banyak tenaga.
  • Tanpa irama – Mempertahankan ritme pernapasan / stepping bahkan lebih penting di ketinggian yang lebih tinggi daripada di bawah. Ini akan membantu Anda dari terlalu memaksakan diri.
  • Pernapasan Dalam – saat Anda pertama kali menyadari adanya sesak napas, mulailah berpikir tentang pernapasan Anda. Ambil napas lebih dalam dan langkah-langkah kecil sampai Anda memiliki kecepatan berkelanjutan lagi. Pada bagian yang lebih curam, dengan sengaja menempatkan setiap kaki dan mengambil napas mungkin adalah cara yang harus dilakukan.
  • Tabir surya sangat penting karena matahari lebih kuat di atas. Salju, bebatuan berwarna terang, suhu sejuk, dan tidak ada naungan di atas pepohonan juga berkontribusi untuk mudah terbakar matahari.
  • Kacamata hitam akan membantu mencegah menyipit dan sakit kepala. Buta salju dan kelopak mata terbakar sinar matahari adalah masalah nyata. Gunakan pelindung samping pada kacamata Anda untuk perlindungan lebih.
  • Pakaian Ekstra – lengan panjang, celana panjang, topi, dan sarung tangan untuk melindungi dari sinar matahari, angin, dan dingin. Cuaca bisa berubah dalam sekejap, dengan mudah jatuh lebih dari 30 derajat dalam 1/2 jam atau kurang.

Mengabaikan risiko hiking di tempat yang lebih tinggi akan merusak hari Anda. Jika Anda beruntung, Anda hanya akan musnah, tetapi ada peluang bagus Anda bisa mendapat masalah besar.

Takut ketinggian

Setiap orang perlu bernafas lebih banyak saat berada di ketinggian. Tetapi, beberapa orang menjadi sakit ketika mereka mendaki terlalu tinggi. Itu terjadi begitu saja.

Masalah terbesar dengan pendaki adalah mereka ingin mencapai tujuan mereka dan mungkin tidak menerima bahwa mereka harus berhenti ketika masalah terjadi. Menjadi cukup jujur ​​untuk berhenti dan mungkin kembali bisa menjadi langkah yang sangat sulit untuk dilakukan.

Ada banyak faktor yang berperan ketika penyakit ketinggian menyerang, tetapi mengambil beberapa langkah akan membantu meminimalkan risiko Anda:

  • Aklimatisasi – Kontributor terbesar penyakit ketinggian naik terlalu cepat. Itu berarti orang yang dalam kondisi baik memiliki peluang yang baik untuk jatuh sakit karena ia cenderung mendorong lebih keras dan mendaki lebih cepat. Orang yang tinggal di ketinggian lebih rendah akan mengalami perubahan yang lebih besar di ketinggian yang lebih rendah. Untuk menyesuaikan diri:
    • Istirahat dan rileks selama 2 jam untuk setiap 1000 kaki trailhead berada di atas ketinggian normal Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di Iowa dengan ketinggian 1.000 kaki dan berencana untuk mendaki di Wyoming pada ketinggian 9000 kaki, Anda harus tiba di sore hari dan mulai mendaki di pagi hari setelah tidur malam untuk menyesuaikan diri.
    • Naik perlahan dan dengan kokoh.
    • Periksa bagaimana perasaan Anda setiap jam. Mual, kurang lapar atau haus, sakit kepala, pusing, sulit bernafas, kurangnya koordinasi adalah tanda-tanda peringatan.
    • Pada pendakian multi-hari, tidur tidak lebih dari 1500 kaki lebih tinggi dari malam sebelumnya. Anda bisa naik lebih tinggi di siang hari, tetapi tidurlah.
  • Harapkan – hanya karena Anda pergi ke 14.000 kaki musim panas lalu tidak berarti kenaikan Anda ke 12.000 kaki tidak akan mempengaruhi Anda akhir pekan depan. Ketinggian lebih dari 8.000 kaki harus membuat Anda waspada. Setiap kenaikan adalah pengalaman baru dan dengan mencari gejala, Anda akan terkena masalah sejak awal.
  • Hidrasi – minum lebih banyak air membantu mengurangi gejala. Minumlah bahkan jika Anda tidak merasa haus.
  • Kurangi Pengerahan Tenaga – semakin keras Anda mendorong tubuh, semakin besar risiko terkena gejala.
  • Makan Yang Baik – makan menu tinggi karbohidrat, dan jangan lupa minum air putih.