Keterampilan Mendaki Dasar: Menyeberangi Air

0
19

Perencanaan ke depan

Saat Anda menggunakan peta dan merencanakan kenaikan, Anda akan siap menghadapi bahaya yang diketahui, seperti penyeberangan sungai. Dibutuhkan lebih dari satu peta untuk mengetahui cara terbaik untuk menyeberangi air, atau bahkan jika mungkin untuk menyeberang air mengingat musim dan curah hujan lokal baru-baru ini. Jika ada penyeberangan air di rute Anda, ada baiknya menghubungi agensi yang mengelola jejak untuk menanyakan bagaimana biasanya dilintasi. Pilihan Anda adalah persimpangan kering, persimpangan basah, atau tanpa persimpangan. Memiliki sepasang sandal pendakian hanya untuk penyeberangan adalah ide yang bagus, tetapi lebih berat untuk dibawa.

Setiap kali Anda menyeberangi air, ingatlah tips ini:

  • Segel semua perangkat elektronik di tas zip-loc
  • Lepaskan tali pengikat pinggang pada ransel sehingga Anda tidak terseret oleh beratnya jika Anda terjatuh

Menyeberangi aliran ketinggian tinggi di pagi hari jika memungkinkan. Seiring hari yang cerah, matahari dan suhu yang lebih hangat mencairkan lebih banyak salju yang membuat permukaan air naik. Mereka cenderung lebih ringan di pagi hari setelah malam yang dingin.

Dry Crossing (Penyeberangan Kering)

Penyeberangan kering adalah pilihan pertama. Jembatan selalu baik, tetapi sering kali ada batang kayu yang berjatuhan di sungai kecil. Bahkan aliran yang lebih kecil dapat dilintasi dengan melompat dari batu ke batu, tetapi itu bisa menjadi pilihan yang berbahaya. Persimpangan kering berisiko sering menjadi perlintasan basah.

Saat jalan setapak menghantam sungai, mungkin cukup rendah untuk dengan mudah menyeberang di beberapa waktu dan tidak di tempat lain, seperti setelah hujan atau ketika salju mencair. Jika tidak ada jalan lintas yang jelas, luangkan waktu 10 menit untuk mendaki mencari jalan yang lebih aman. Kemudian, kembali dan periksa hilir jika tidak ada cara yang ditemukan. Penundaan ini sepadan jika Anda dapat menemukan persimpangan kering dan tidak terlalu mahal jika tidak ada yang muncul.

Gunakan tongkat pendakian Anda untuk keseimbangan ekstra saat menyeberang di atas batu atau batang pohon jika Anda dapat menanamnya dengan kuat. Kaki ketiga hampir selalu membuat platform yang lebih baik.

Wet Crossing (Penyeberangan Basah)

Jika tidak ada jalan kering melintasi sungai dan Anda bertekad untuk menyeberang, maka Anda pasti akan basah. Jika Anda berada di jalan setapak, maka seharusnya sudah cukup jelas di mana pejalan kaki lain telah menyeberang. Jika tidak, pandu ke atas dan ke hilir untuk menemukan tempat terbaik untuk menyeberang.

Berjalan menyeberangi sungai berbahaya. Sangat mudah untuk membuat kesalahan dan menjadi sangat basah. Jika cuaca tidak kering dan cerah, menjadi basah bisa mematikan. Anda harus selalu fleksibel dan bersedia untuk kembali atau mengambil rute yang berbeda jika air terlihat terlalu sulit atau cuaca terlalu mengancam.

Ketika mempertimbangkan perlintasan basah, pikirkan hal-hal ini:

  • Air yang bergerak lambat tidak boleh lebih tinggi dari pertengahan paha pada orang terpendek. Air memiliki banyak kekuatan, bebatuannya licin, dan bungkusan membuat seseorang lebih tidak seimbang. Apa pun yang lebih tinggi dari pertengahan paha terlalu berisiko. Jika Anda tinggi seperti saya, lutut Anda mungkin paha orang lain.
  • Air yang bergerak cepat harus tetap di bawah lutut. Ini seperti seseorang yang menendang tulang kering Anda mencoba membuat Anda tersandung dengan setiap langkah.
  • Penyeberangan yang lebih luas biasanya berarti air yang lebih dangkal sehingga mencari area terluas di sungai, terutama di tempat riak dimulai. Melangkah ke hilir dari batu yang lebih besar akan berarti lebih sedikit arus dan kerap kali lebih dasar dari kerikil dan pasir.
  • Pelajari sungai dan cari tahu di mana Anda berencana untuk menempatkan setiap langkah. Perhatikan di mana riak menunjukkan batu atau daerah yang mengalir lebih cepat. Rencanakan untuk hanyut ke hilir saat Anda menyeberang sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak melawan arus.
  • Lempar tongkat dan lihat seberapa cepat ia melayang. Seringkali ada arus yang lebih kuat dari yang terlihat.
  • Apakah semua orang punya sepatu untuk persimpangan? Lepaskan sepatu bot Anda dan kenakan sepatu air atau sandal pendakian. Jika seseorang tidak memiliki alas kaki yang menyilang, mereka harus memilih untuk pergi bertelanjang kaki atau memakai sepatu bot mereka tanpa kaus kaki atau sol atau meyakinkan orang lain untuk meminjamkan sepatu mereka. Bahkan sepatu hiking tahan air akan terisi dengan air dan menjadi beban pada kaki Anda – tahan air tidak berarti memakainya dalam air.
  • Apakah ada yang butuh bantuan? Berpasangan berpasangan atau tiga kali lipat, tergantung pada jumlah dasar sungai yang bisa dilayari. Miliki pejalan kaki terkuat dan terbesar di sisi hulu untuk memutus arus bagi mereka yang hilir.
  • Menghadapi hulu atau quartering hulu sehingga arus datang pada Anda daripada ke sisi Anda. Ini membantu mendorong bagian atas kaki Anda ke bawah dan bagian depan kaki Anda adalah target yang lebih kurus daripada sisi.
  • Geser kaki Anda ke depan melalui air daripada mengangkatnya ke atas dan kemudian memasukkannya kembali. Tekanan air yang konstan agar kaki Anda tidak tenggelam lebih mudah diseimbangkan daripada perubahan tekanan saat kaki Anda keluar dan masuk kembali. air.
  • Gunakan tongkat dan tiang pendakian. Jika Anda hanya memiliki satu tiang, gunakan di sisi hilir. Tempatkan tiang dengan kuat dan pastikan stabil. Kemudian, bersandarlah untuk dukungan saat Anda melangkah maju. Air yang dalam atau cepat benar-benar akan menarik kutub Anda dan mereka mungkin lebih berat daripada bantuan.
  • Jangan gunakan tali. Terlalu banyak pekerjaan untuk didirikan dan dapat menenggelamkan orang yang terjebak di dalamnya. Jika sungai itu kuat, putar kembali.
  • Seorang pejalan kaki yang kuat dapat mengangkut orang-orang kecil lainnya menyeberang. Atau, ia dapat melakukan perjalanan ekstra untuk membawa persneling agar persilangan orang lain lebih mudah. Atau, ia dapat mengangkut pancing dan kutub bolak-balik untuk pejalan kaki yang kurang berpengalaman.
  • Jaga mata Anda pada tujuan Anda – pantai yang jauh. Menjaga mata Anda tetap di atas air yang mengalir deras akan membuat Anda pusing dan tidak seimbang. Jika airnya jernih, lihat ke bawah untuk menemukan penempatan kaki Anda berikutnya, tetapi kemudian kembali ke pantai.

Saya harus membuat 9 penyeberangan arus beku di Wyoming dengan satu kenaikan – setelah 3 pendakian pertama, saya tidak bisa merasakan dingin lagi. 🙂 Sebenarnya, saya mengambil waktu ekstra untuk mengeringkan dan menghangatkannya setelah itu, tapi itu bisa menjadi situasi yang buruk. Udara dingin setelah melintasi air dingin dapat dengan cepat menyebabkan hipotermia. Memiliki seluruh kaki dalam air bersuhu 36 derajat dari salju yang mencair selama 10 menit dapat benar-benar membuat Anda lelah. Jika hari yang cerah dan menyenangkan, istirahatlah di bawah sinar matahari setelah menyeberang untuk menghangatkan kembali. Kalau tidak, gunakan handuk untuk mengeringkan dengan cepat dan beristirahat atau berjalan di sekitar sampai Anda hangat. Gunakan layer fleece atau rainsuit Anda untuk menjadi hangat jika diperlukan.

Kasus terburuk

Jika Anda tergelincir dan jatuh, Anda punya sedikit waktu untuk menyelamatkan diri. Sebelum ada yang mulai, Anda harus sudah membahas prosedur jika seseorang jatuh.

  • Posisikan seseorang di hilir dengan mengenakan sepatu air, tali atau tongkat panjang siap, tanpa paket, dan pakaian minimal yang diperlukan untuk tetap hangat. Tugasnya adalah melempar tali atau melompat setelah seseorang atau paket yang mungkin hilang. Apakah Anda bisa melakukan ini atau tidak tergantung pada ukuran kelompok, kekuatan pejalan kaki, cuaca, dan ukuran sungai. Setelah satu orang melintas, minta dia posisi hilir sehingga kedua pantai tertutup.
  • Jika Anda diposisikan dengan benar dan Anda kehilangan pijakan Anda, kaki Anda harus disapu dari bawah Anda dan Anda akan jatuh ke lutut dan tangan daripada bagian belakang Anda. Ini lebih disukai karena itu ide yang bagus untuk menjaga tubuh Anda keluar dari air agar tetap hangat.
  • Jika air lebih rendah dari setinggi lutut, dan dasar cukup rata, seseorang harus dapat menghentikan dirinya dengan cepat dan melompat kembali ke atas kaki dan tangan. Ini mendapatkan tubuhnya dan keluar dari air. Kemudian, ketika seimbang, berdiri dan lanjutkan menyeberang.
  • Jika air lebih dalam, orang tersebut mungkin kesulitan mendapatkan kakinya. Jika dia tidak bisa berhenti dengan cepat, dia harus mengangkat ranselnya dan kemudian mencoba berhenti dan berdiri, mengambil ranselnya atau membiarkannya mengambang. Di belakang batu besar, biasanya ada arus yang lebih ringan.
  • Jika Anda tersapu ke hilir, mengapunglah dengan punggung menghadap ke bawah untuk menyerap batu pukul. Gunakan tangan Anda untuk mengarahkan dan bergerak menuju pantai.