Berakhlak Mulia Dalam Keseharian, Seperti Apa Contohnya? (2)

0
47

5. Menjaga amanah dan menepati janji

Tim Umroh.com memaparkan, amanah dan menepati janji takan pernah lepas dari kehidupan kita sehari – hari. Mulai dari yang terkecil sampai dengan yang besar. Menjaga amanah dan menepati janji adalah perkara berat. Sebab sifatnya ialah keyakinan akan pemberian kepercayaan agar dijalankan dan terpelihara dengan baik. Maka dari itu kita sebagai umat muslim wajib menjaga amanah dan tepati janji agar tidak tergolong ke dalam orang – orang munafik.

6. Pemaaf

Sebuah maaf kadang bisa memberi perubahan yang besar dalam hidup kita bahkan orang lain. setiap manusia pasti memiliki salah dan memaafkan adalah kunci dari segala ketentraman dan kebahagiaan. 

7. Ikhlas

Ikhlas adalah sebuah kata yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Ikhlas adalah sebuah ibadah yang hanya bisa dilakukan oleh hati dan tidak bisa terlihat. Ikhlas adalah perbuatan shaleh yang semata – mata untuk mendapatkan keridhoan Allah dan bukan untuk mendapatkan pujian. 

8. Selalu bersyukur kepada Allah

Ketahuilah bahwa syukur merupakan salah satu sifat Allah dan Nabi. Syukur ialah menunjukan adanya nikmat Allah pada dirinya dengan melalui lisan, yaitu berupa ujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. 

9. Bertawakal

Pada dasarnya hakikat tawakal adalah hati benar – benar bergantung kepada Allah dalam rangka memperoleh hal – hal yang baik dan menolak mudhorot dari urusan dunia dan akhirat. Tawakal bukanlah pasrah tanpa berusaha, namun harus disertai ikhtiar dan penyadaran diri kepada Allah. Apabila seorang hamba bertawakal kepada Allah dengan benar benar ikhlas dan terus mengesakan Allah, maka hati dan akalnya serta seluruh kekuatannya akan semakin kuat mendorongnya untuk melakukan semua amalan. 

10. Memiliki rasa Malu

Contoh akhlakul karimah yang terakhir adalah memiliki rasa malu. Hal ini sangat penting untuk tetap dipelihara oleh setiap manusia, karena dengan adanya rasa malu maka akan menghindarkan kita dari tindakan yang memalukan.