Berakhlak Mulia Dalam Keseharian, Seperti Apa Contohnya? (1)

0
60

Dalam ajaran agama islam, berakhlakul kharimah adalah suatu hal yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, baik untuk diri sendiri maupun dengan orang lain. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seseorang sehingga telah menjadi dasar kepribadiannya. Lalu apa saja sih contoh perilaku akhlakul karimah yang wajib diterapkan?

Akhlakul karimah atau Akhlak mulia atau sikap terpuji yaitu suatu sikap yang baik sesuai dengan ajaran agama islam. Akhlakul karimah adalah akhlak yang baik atau terpuji. Semua manusia harus memiliki sifat akhlakul karimah ketika hidup di dunia.

Bagi seseorang yang memiliki akhlakul karimah maka akan selalu disenangi oleh sesama manusia, bahkan tidak hanya itu jika seesorang berperilaku sesuai ajaran agama islam maka sudah pasti baik dimata Allah. Dan kelak nanti akan masuk dalam surga bersama Nabi Muhammad saw.

Ciri-Ciri Akhlakul Karimah

Akhlakul karimah atau akhlak terpuji ialah Akhlaq atau sifat – sifat yang baik yang ada pula di diri Rasulullah SAW. Dari sekian banyak sifat – sifat terpuji tersebut banyak disimpulkan menjadi kelompok besar yang mencakup semua sifat – sifat yang baik diantaranya yaitu:

  1. Memelihara harga diri optimis, ikhlas, sabar, menepati janji, pemaaf, jujur, amanah, hemat dan lemah lembut. 
  2. Assyaja‟ah ( berani menegakkan kebenaran ) 
  3. Al Qonaah ( sederhana, mereka merasa cukup dan adil ) 
  4. Persaudaraan dan persatuan. 

10 Contoh Akhlakul Kharimah

“Orang yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik perilakunya.” Demikian sabda Rasulullah saw. kutipan tersebut menunjukkan bahwa kesempurnaan iman seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Semakin baik perilakunya, semakin sempurna keimanannya. Ada banyak perilaku positif yang dikenal dalam kehidupan kita. Adapun yang termasuk dalam contoh akhlakul karimah atau akhlak terpuji di antaranya adalah:

1. Berbakti kepada orang tua

Islam menjadikan berbakti kepada kedua orang tua sebagai sebuah kewajiban yang sangat besar. Rasulullah saw bersabda ketika ditanya tentang amal – amal sholeh paling tinggi dan mulia, “ sholat tepat pada waktunya.. berbuat baik kepada kedua orang tua.. jihad di jalan Allah swt.” ( H.R. Bukhari dan Muslim ). Berbakti kepada kedua orang tua adalah perintah utama. Maka hukumnya jelas, berbaktinya anak kepada orangtua adalah hak yang Allah swt berikan kepada ibu dan bapaknya. Maka dosa besar lah yang akan didapat jika anak enggan berbakti kepada kedua orangtua.

2. Bersikap baik dan menolong kepada saudara dan tetangganya

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia tanpa adanya orang lain disekitar. Berbuat baik serta tolong menolong menjadi suatu hal yang wajib dilakukan demi terciptanya hidup rukun dan damai antar sesama manusia. 

3. Mematuhi perintah Allah

Sebagai hamba allah swt, sudah menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk senantiasa taat akan perintah Allah dan menjauhi segala larangnya. Karena setelah mati, sudah bukan lagi saatnya bagi kita untuk taat, melainkan menerima dampak dari amalan – amalan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia.

4. Berbicara dengan kata-kata yang baik

Berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan seperti dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 23, diperintahkan untuk tidak berkata “ah” kepada kedua orang tua karena hal tersebut dapat menyakiti hatinya.. 

Bersambung…