Pakaian Mendaki

0
51

Layering (melapisi) untuk Kenyamanan dan Keamanan

Apa pun kondisinya, melapisi pakaian hiking Anda harus selalu menjadi metode berpakaian Anda. Anda dapat mengelupas atau menambahkan lapisan saat tingkat aktivitas Anda berubah dan lingkungan membutuhkan. Perhatian terbesar Anda harus selalu menjaga tubuh Anda kering dan pada suhu yang aman – terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan bencana. Dalam cuaca yang sejuk, celana pendek pendakian dan t-shirt akan bekerja dengan baik, tetapi pada pendakian yang akan memakan waktu lebih dari beberapa jam, melapisi pakaian hiking Anda termasuk segala sesuatu mulai dari celana hiking hingga topi hiking adalah cara yang aman dan nyaman untuk digunakan.

Lapisan #1: Wicking

Pakaian di samping tubuh Anda bertanggung jawab untuk menghilangkan keringat dan membuat Anda tetap kering. Lapisan pertama harus selalu berupa kaos panjang dan celana dalam polypropylene. Jangan pernah mengenakan kapas – kapas menyerap dan menahan kelembapan yang membuat Anda merasa dingin.

Pakaian dalam panjang dapat digulung di atas lutut dan siku saat suhu naik dan bahkan dihapus jika benar-benar menghangat. Saya memakai celana panjang sepanjang waktu ketika mendaki gunung dan hanya memiliki beberapa hari ketika menjadi begitu hangat saya lebih nyaman dengan itu – itu sekitar 80 derajat. Tentu saja, lebih baik untuk menghapus lapisan ini lebih awal daripada menjadi terlalu panas dan kemudian dingin ketika pendinginan malam terjadi.

Lapisan #2: Isolasi

Lapisan ini sebenarnya bisa menjadi beberapa lapisan. Tugasnya adalah menjaga kehangatan tubuh agar Anda tetap hangat dan nyaman sambil tetap membiarkan keringat keluar. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan ruang udara mati ke dalam saku. Kain sintetis seperti bulu biasanya merupakan pilihan yang baik dan murah.

Kelembaban mematikan ketika suhu turun atau ketika Anda memperlambat langkah Anda – Anda ingin kelembaban keluar tetapi tidak masuk. Angsa turun adalah lapisan isolasi yang sangat baik – sangat ringan, tetapi mahal.

Untuk celana, sepasang celana zip-off nilon adalah lapisan yang bagus di atas celana dalam polypropylene Anda.

Pakaian yang mudah untuk diselipkan dan dimatikan adalah optimal karena lapisan isolasi ini akan berubah saat Anda memanaskan dan mendinginkan.

Lapisan #3: Tutup Pelindung

Ini dulunya adalah daerah bermasalah dengan layering – sesuatu yang bisa mencegah hujan tetapi masih memungkinkan keringat untuk melarikan diri. Gore-Tex adalah terobosan dalam pakaian luar. Menenun dengan rapat menghambat hujan dan salju, tetapi memungkinkan uap keringat melewatinya. Sekarang, tinggal soal pilihan harga untuk mencari tahu cangkang luar apa yang ingin Anda beli.

Pastikan Anda mendapatkan mantel yang memiliki tudung bawaan sehingga hujan tidak hanya menetes ke leher Anda. Lapisan ini melindungi Anda dari hujan, salju, dan angin. Panas hilang dari tubuh Anda dengan:

  • Convection – angin menarik udara hangat dari sekitar tubuh Anda.
  • Konduksi – benda yang menyerap panas Anda, seperti duduk di atas batu dingin atau tidur di tanah atau pakaian basah.
  • Evaporation – Kehilangan panas dari benda yang mengering, seperti ketika Anda mendapatkan bandana basah dan membungkusnya di leher Anda. Atau, ketika kaos katun basah Anda kering dari angin.

Kulit luar mencegah ketiganya dari kehilangan panas ini dan sangat penting setiap kali Anda menghadapi cuaca buruk atau suhu dingin.

Saya selalu punya jas hujan dan celana hujan. Bahkan jika tidak hujan, ini membuat penghalang angin yang sangat efektif dan lapisan isolasi tambahan ketika menjadi lebih dingin. Juga, ini bukan barang plastik bekas yang murah, ini poliester dan milik saya berasal dari Land’s End. Celana hujan harus memiliki ritsleting samping di bagian pinggang dan bagian bawah setiap kaki sehingga Anda dapat dengan cepat menyelipkannya ke dalam dan ke luar jika terjadi hujan tiba-tiba.

Ponco hujan silnylon yang sepenuhnya melindungi Anda dan paket Anda adalah opsi cangkang pelindung ultralight. Tidak tahan lama dan multi guna seperti jaket dan celana, dapat menghemat banyak berat badan.