Di Bawah Naungan Surat At-Taubah

0
404

Inilah surat At taubah, dinamakan juga surat Al Qital. Di dalamnya berisi tentang  hukum hukum dan mengatur tata hubungan antara muslimin dengan kaum kafir yang didasarkan pada kebencian kaum kafir yang menjadi permusuhan abadi yang bersifat final hingga hari kiamat.

Tafsir ini penuh dengan peristiwa peristiwa dari sirah Rasulullah SAW dan para sahabatnya, serta pengalaman sebagian putra harokah Islamiyah menghadapi penguasa Thagut. Juga memuat masalah masalah fiqih dan hal hal yang berhubungan dengan masalah syari’yah dan hukum.

Dan diantara kandungannya adalah masalah penghianatan yang ditujukan kepada islam dan kaum muslimin, menyingkap masalah nifak dan orang orang munafik, tetapi terhadap problematika yang muncul di zaman modern yang menyertai jihad, seperti tawanan , halangan terhadap jihad dan lain sebagainya.

Dengan panjang lebar syaikh Dr Abdullah Azzam menerangkan tafsir ayat ayat ini dari celah celah realita jihad amali yang terjadi di depan matanya (Jihad Afghanistan), karena memang beliau selalu berjalan bersama ayat ayat dalam celah celah realitas ini.

Oleh karena itu beliau berkata,”Sesungguhnya dien ini tidak akan dapat dipahami kecuali oleh orang orang yang berjihad untuk merealisasikan secara nyata di bumi, dan orang orang yang menghabiskan hidupnya di anata lembaran fiqh dan kitab, tidak mungkin memahami tabiat dien ini kecuali mereka berjihad untuk membelanya. Dien ini tidak dapat dipahami rahasia rahasianya oleh seorang faqih yang hanya duduk duduk, karena fiqh itu tidak diambilkesimpulannya kecuali dari perjalanan kehidupan berharokah bersama dien ini di alam realita….

Buku yang membuka mata  dan menyadarkan bagaimana kita semua masihlah belum beranjak untuk memahami dien ini…

Judul Buku  : Di Bawah naungan Surat At Taubah

Karangan : As Syahid Syeikh DR Abdullah Azzam