Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

0
184

Bagi orang-orang yang melakukan pekerjaan di depan komputer, resiko terkena masalah pada mata sangat riskan. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Atur pencahayaan

Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer pertama yaitu dengan mengatur pencahayaan pada layar komputer. Bukan hanya pencahayaan pada layar monitor saja yang bisa membuat kerusakan pada mata kamu.

Akan tetapi pencahayaan disekitar ruangan pun bisa membuat mata kamu tak nyaman atau mengalami gangguan. Pastikan cahaya yang masuk diruangan kamu tidak terlalu berlebihan ataupun terlalu gelap.

Selain itu kamu juga harus menghindari membaca bacaan di ruangan yang memiliki cahaya redup. Karena hal ini mengharuskan kamu untuk berusaha lebih konsentrasi dengan tulisan yang kamu baca. Sehingga bisa menyebabkan ketegangan pada mata kamu. Selain itu, membaca diruangan yang minim cahaya bisa merusak kinerja mata. Namun jangan pula membaca di ruangan yang terlalu terang.

Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

menghindari duduk terlalu lama di depan komputer bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dapat membuat mata cepat lelah. Disamping itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal ialah 30 centimeter, selain itu posisikan layar sedikit kebawah dengan jarah sekitar 61 hingga 71 centimeter.

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa kecerahan serta kontras di layar sudah tepat. Jangan lupakan juga untuk menggunakan layar yang besar atau memperbesar tulisan jika memeiliki masalah penglihatan. Tentu saja ini akan membantu mata kamu agar tidak terlalu lelah saat menatap layar monitor.

Jangan melihat cahaya terang secara langsung

Sebaiknya hindari untuk melihat cahaya yang terang secara langsung. Selain itu kamu juga dilarang untuk melihat serta memfokuskan pada sinar matahari, karena jika melihat secara langsung pada sinar matahari akan merusak mata kamu.