Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus

0
248

Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus. Perilaku-perilaku di bawah ini bisa kamu terapkan untuk menghindari mata minus.

Tidak Merokok

Cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus yaitu dengan tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata. Selain mata minus, merokok dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata dan degenerasi makular.

Menjaga mata tetap terhidrasi

Metode ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Kondisi mata yang kering ternyata juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti iritasi. Untuk menjaga mata tetap lembab, kita bisa mencuci wajah ketika mata terasa kering atau perih.

Cukup dengan mengusap wajah saja, jangan usap bagian mata dengan air karena bisa melukai mata. Selain itu, pemakaian obat tetes mata dan minum air putih yang cukup, juga baik untuk menjaga kelembaban mata.

Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Menghindari pemakaian lensa konta terlalu lama bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya. Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa permanen.